Saturday, June 16, 2012

Sablon Silinder 2 Warna

Pada kesempatan kali ini kami ingin share tentang sablon akrilik bentuk silinder, Seperti kita tahu bahan akrilik bisa dibentuk ke berbagai macam desain, bisa dibuat bentuk perhiasan seperti, Bross, kalung, gelang, anting dan  seperti gantungan, plakat, hurup timbul papan merk, akrilik sheet, kusen pintu, gigi akrilik dan lain - lain yang dibuat dari bahan akrilik.
Dari sekian banyak bentuk barang yang terbuat dari akrilik kami ingin mengangkat pokok pembahasan akrilik bentuk silinder untuk di sablon. Untuk para pakar sablon kami minta mohon dibantu ya..., thanks.

Dari tiap pemesanan yang masuk ke kami, kami selalu berfikir bagaimana caranya meneken kost/biaya produksi, saya masih ingat di manajemen bisnis dulu meski cuma semester 2 yang katanya " Dengan modal sekecil-kecilnya untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya" . itu dulu untuk diterapkan sekarang mah akan sulit, mungkin prinsip ekeonomi yang itu harus dibuang saja, akan tetapi mungkin yang bijak menurut kami " Dari modal yang ada diterapkan dengan kreatifitas sebesar-besarnya untuk mendapatkan hasil karya yang bagus dan menarik jumlah order" titik "." Lanjut ke pokok pembahasan
Pertama kita setting objek gambar yang akan kita sablon tentunya.setelah kita mengukur diameter media yang akan kita sablon lalu print dengan printer laser lebih baik. Lantas di afdruk ke secreen, Insya Allah kedepan kami bahas cara membuat afdrukan film ke screen sablon.
Oke kita anggap sudah siap sablon ke media yang kita inginkan untuk media bentuk silinder, kalau kita memakai bentuk screen yang dilengkung mengikuti diameter silinder ini maka akan memakai biaya yang mahal/tetapi kalau harga jualnya masuk tidak masalah pakai screen lengkung dan tentu screen pun tidak langsung di dapat ditoko - toko sablon karena screen sablon bentuk ini harus di pesan terlebih dahulu.
Seperti yang sudah di bicarakan diatas untuk menekan kost/biaya produksi kita menggunakan screen sablon yang setandar saja. Karena dengan memakai screen yang standar kita bisa mendapatkannya dengan mudah di toko- toko sablon.
Alat - alat yang di gunakan : Screen sablon standar, rakel, lap, meja, Rell triplek
Cara menyablon nya pun terbilang sederhana :
  1. Taruh akrilik silinder diatas rel triplek
  2. Letakan screen sablon yang sudah di afdruk diatasnya 
  3. Perhatikan gambar sablon di screen jika gambar di screen di belakang cilinder maka dorong kedepan, dan sebaliknya jika gambar dicreen di depan silinder maka tarik ke belakang.
  4. Untuk mengisi gambar di screen sablon dengan menggunakan rakel, misalnya posisi gambar sablon sudah tepat di belakang silinder lalu isi gambar dengan tinta / cat sablon dengan menggunakan rakel tarik ke belakang.
  5. Setelah cat sudah terisi dengan rata di dalam gambar sablon di screen taruh rakel gelundungkan dan tekan secara perlahan - lahan agar tinta/cat dapat menempel dengan baik ke objek akrilik bentuk silinder tersebut. Ingat digelundungkan dan tekan screen perlahan - lahan bukan di gesut memakai rakel. 
  6. Untuk memastikan hasil penyablonan screen sablon sebaiknya tidak diangkat dulu agar untuk pengulang hasil sablon yang kurang baik lebih mudah.
Begitu seterusnya sampai jumlah objek yang di sablon kelar. dibawah ini ada contoh hasil sablonnya.


Previous Post
Next Post

post written by:

3 comments:

  1. Mas Brow, kalo yang mau disablon itu gelas (gelas plastik, kaca) atau botol, bagaimana caranya? tengkiu.

    ReplyDelete
  2. terima kasih telah menulis koment dan maaf sekali kami baru bisa balas comment sodara, karena banyak kesibukan diluar...., baiklah akan saya jawab sebisa kami, sablon itu gelas (gelas plastik, kaca) atau botol?
    jawab: sebelum menyablon kita harus mengetahui terlebih dahulu objek yang akan kita sablon tentunya, nah objek tersebut yang dalam hal ini tentunya bentuk melingkar apakah objek yang mo di sablon datar rata atau ada kemiring, sebenarnya tidak masalah dengan menggunakan scrin bingkai biasa aja, tehniknya sistem gelundung dengan secrin di tempel pada permukaan yang disablon.
    Mengenai tinta sablonnya harus disesuaikan dengan bahan yang hendak disablon.
    demikian uraian singkat dari kami semoga bermanfaat. thanks

    ReplyDelete