Monday, June 25, 2012

Desain Komunikasi Visual


Dunia informasi yang akhir-akhir ini perkembangannya semakin pesat, mau tak mau telah memaksa hampir di semua unsur kehidupan  untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan tersebut. Tanpa kita sadari, sebenarnya kehidupan kita sehari-hari dikelilingi oleh produk-produk Desainer komunikasi visual, hasil proses pengolahan media dalam berkomunikasi mengenai pengungkapan ide atau penyampaian informasi yang bisa terbaca dan terlihat disekeliling kita, kemanapun kita pergi akan menjumpai informasi-informasi yang berkomunikasi secara visual, dari berbagai media : cetak, massa, elektronika maupun audio visual. 

Proses komunikasi disini melalui eksplorasi ide-ide dengan penambahan gambar baik itu berupa foto,diagram dan lain-lain serta warna selain penggunaan teks sehingga akan menghasilkan efek terhadap pihak yang melihat. Efek yang dihasilkan tergantung dari tujuan yang ingin disampaikan oleh penyampai pesan dan juga kemampuan dari penerima pesan untuk menguraikannya.

Desain komunikasi visual ini berasal dari tiga kata dilihat dari asal kata atau istilahnya, dimulai dari Desain yaitu Rancangan atau perancangan dalam bahasa inggris yaitu “design” dan dari bahasa itali yaitu “ Designo” yang berarti gambar. Yang kedua yaitu Komunikasi yang berarti menyampaikan pola pikir dari penyampaian pesan kepada penerima pesan, berupa bentuk visual yg komunikatif, efektif, efisien dan tepat. terpola dan terpadu serta estetis, yang ketiga yaitu Visual yang berarti segala sesuatu yang dapat dilihat dan direspon oleh indera penglihatan kita yaitu mata.  Jadi Desain Komunikasi Visual bisa dikatakan sebagai seni menyampaikan pesan (arts of commmunication) dengan menggunakan bahasa komunikasi rupa (visual language) yang disampaikan melalui media berupa desain yang bertujuan menginformasikan, menyampaikan pesan kepada penerima pesan , berupa bentuk visual yang komunikatif, efektif, sefisien dan tepat  sehingga merubah perilaku, pola pikir,  target audience disesuai kan dengan tujuan sosial  atau komersil yang relevan dengan kebutuhan masyarakat sesuai zaman dan teknologinya. Pesan dapat berupa informasi produk, informasi jasa atau gagasan yang disampaikan kepada target audience, dalam upaya peningkatan usaha penjualan, peningkatan citra dan publikasi.
Previous Post
Next Post

post written by:

0 comments: