Dunia
informasi yang akhir-akhir ini perkembangannya semakin pesat, mau tak mau telah
memaksa hampir di semua unsur kehidupan untuk
menyesuaikan diri dengan perkembangan tersebut. Tanpa kita sadari, sebenarnya
kehidupan kita sehari-hari dikelilingi oleh produk-produk Desainer komunikasi
visual, hasil proses pengolahan media dalam berkomunikasi mengenai pengungkapan
ide atau penyampaian informasi yang bisa terbaca dan terlihat disekeliling
kita, kemanapun kita pergi akan
menjumpai informasi-informasi yang berkomunikasi secara visual, dari berbagai
media : cetak, massa, elektronika maupun audio visual.
Proses komunikasi disini
melalui eksplorasi ide-ide dengan penambahan gambar baik itu berupa foto,diagram dan lain-lain serta warna selain penggunaan teks sehingga akan
menghasilkan efek terhadap pihak yang melihat. Efek yang dihasilkan tergantung
dari tujuan yang ingin disampaikan oleh penyampai pesan dan juga kemampuan dari
penerima pesan untuk menguraikannya.
Desain
komunikasi visual ini berasal dari tiga kata dilihat dari asal kata atau istilahnya,
dimulai dari Desain yaitu Rancangan atau perancangan dalam bahasa
inggris yaitu “design” dan dari bahasa itali yaitu “ Designo” yang berarti
gambar. Yang kedua yaitu Komunikasi yang berarti menyampaikan pola pikir
dari penyampaian pesan kepada penerima pesan, berupa bentuk visual yg
komunikatif, efektif, efisien dan tepat. terpola dan terpadu serta estetis, yang
ketiga yaitu Visual yang berarti segala sesuatu yang dapat dilihat dan
direspon oleh indera penglihatan kita yaitu mata. Jadi Desain Komunikasi
Visual bisa dikatakan sebagai seni menyampaikan pesan (arts of commmunication)
dengan menggunakan bahasa komunikasi rupa (visual language) yang disampaikan
melalui media berupa desain yang bertujuan menginformasikan, menyampaikan pesan
kepada penerima pesan , berupa bentuk visual yang komunikatif, efektif,
sefisien dan tepat sehingga merubah
perilaku, pola pikir, target audience disesuai
kan dengan tujuan sosial atau komersil yang
relevan dengan kebutuhan masyarakat sesuai zaman dan teknologinya. Pesan dapat
berupa informasi produk, informasi jasa atau gagasan yang disampaikan kepada
target audience, dalam upaya peningkatan usaha penjualan, peningkatan citra dan
publikasi.
0 comments: